Kamis, 23 Agustus 2012

TENTANG KEPULAUAN WAKATOBI

KEPULAUAN WAKATOBI


Kepulauan Wakatobi Terletak disebelah tenggara Pulau Sulawesi. dan bila ditinjau dari Peta Provinsi Sulawesi Tenggara secara Geografis terletak disebelah selatan Garis Khatulistiwa. yang membuat Kawasan Wakatobi masuk kedalam kawasan SEGITIGA KARANG DUNIA. karena itu Kepulauan Wakatobi dianugrahi Keindahan dan Keanekaragaman dari terumbu karangnya. inilah yang membuat kawasan bahari Kepulauan Wakatobi menjadi kawasan yang menarik dan mempesona.

hal ini juga selaras dengan Visi Kabupaten Wakatobi, "Surga  Nyata Bawah Laut di Jantung Segitiga Karang Dunia. 



*selain Visi Diatas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Wakatobi juga telah mengeluarkan Visi khusus berkaitan dengan potensi Alam & Lingkungan untuk Kawasan tersebut tahun 2010-2014, yaitu "WAKATOBI LESTARI"

Adapun Misinya antara lain :
1.  Meningkatkan Sarana dan prasarana serta meningkatkan kinerja kelembagaan
2.  Melestarikan fungsi lingkungan hidup dan ketersedian Sumber Daya Alam
3.  Mewujudkan kondisi lingkungan buatan yang harmonis, nyaman, serta seimbang
4.  Meningkatkan jasa pelayanan daerah dalam rangka pencapaian pendapatan asli daerah
5.  Membina dan mengembangkan mitra kerja dengan instansi pengelola lingkungan hidup.


* Dan mungkin dari kita belum ada yang tahu, bahwa salah satu badan PBB (UNESCO), sudah menetapkan Kawasan Wakatobi sebagai kawasan Cagar Biosfer Dunia di Paris pada April 2012.



nah, jadi ...............

Kawasan Wakatobi yang luas perairan lautnya kurang lebih 1,5 juta Hektar menyimpan potensi Perairan dan Sumber Alam perairan laut sekitar 90% dari total sumber alam perairan laut yang ada diseluruh dunia.  hal itulah yang menjadikan alasan perlu dijadikannya Kawasan Wakatobi, menjadi kawasan yang dilindungi (dilestarikan ... dalam kata lain) karena potensi dan kekayaan baharinya.

namun kenyataannya pariwisata dikawasan tersebut masih kurang berkembang, memang ada akomodasi / penginapan pada setiap pulau, namun dengan akomodasi yang ada dan semakin meningkatnya jumlah wisatawan perlu di tingkatkan kenyamanan serta keamanan di tempat tersebut.

contoh nyatanya, dimana ada tempat wisata tentu saja ada saja masalah kebersihan (sampah) yang bisa mengakibatkan pencemaran baik udara maupun laut. karena lambat laun sampah yang ada akan merusak ekosistem di laut. karena itu dampak2 negatif seperti itu perlu dikurangi, tentu saja harus dilakukan secara sadar dan terorganisir (pemungutan sampah oleh dinas terkait).


diharapkan Pemerintah Wakatobi, mampu mengambil langkah2 positif guna mengembangkan pariwisata di kawasan tersebut. sebenarnya kelestarian lingkungan yang ada, bisa sejalan dengan usaha pariwisata, namun perlu digunakan prinsip2 Pariwisata Berkelanjutan, guna melestarikan kawasan wakatobi namun tetap mengedepankan kelestarian lingkungannya.

 berikut image-image Kawasan Wakatobi





(THANK'S FOR YOUR ATTENTION)
kritik & saran sangat diperlukan ... ^_^
oleh : GALUH C.L

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar